Wednesday 17 September 2014

Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Kembali dengan kami ,para simpanse tergaul !
Kali ini kita datang dengan sebuah jawaban dari tugas Bapak Budi .
Cekidot Spanse !!
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
A. Jaringan Komputer 

1. Apa yang kamu ketahui tentang Jaringan Komputer ? 
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya. akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.

2. Manfaat Jaringan Komputer

Jika Anda bertanya tentang manfaat jaringan komputer atau internet, maka sangat banyak sekali manfaat internet, antara lain:
Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data
tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
Menghemat uang. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi



Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: untuk kebutuhan perusahaan, dan jaringan untuk umum.
Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:
Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan.
Saving Money (Penghematan uang/anggaran): Perangkat dan data yang dapat dishare akan membuat penghematan anggaran yang cukup besar, karena tidak perlu membeli perangkat baru untuk dipasang ditiap-tiap unit komputer
High reliability (kehandalan tinggi): Sistem Informasi Manajemen Kantor Terpadu atau Sistem Pelayanan Satu Atap dengan teknologi client-server, internet maupun intranet dapat diterapkan pada jaringan komputer, sehingga dapat memberikan pelayanan yang handal, cepat dan akurat sesuai kebutuhan dan harapan.
Manfaat jaringan komputer untuk umum:
Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang mejadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
<!–[if !supportLists]–>access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita terkini, info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya up to date).
<!–[if !supportLists]–>komunikasi person to person (seperti e-mail, chatting, video conferene dll).
<!–[if !supportLists]–><!–[endif]–>hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu, dll).

3. Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Apa yang Membedakannya
-. Jenis-jenis jaringan komputer geografis
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
 Jaringan LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jenis-jenis jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jenis-jenis jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Jenis-jenis jaringan komputer ini mencakup seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.
-. Jenis-jenis jaringan komputer dari sumber informasi

Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
-. Jenis-Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan
Anda bisa membaca disini agar lebih jelas tentang macam-macam topologi jaringan komputer.
-. Jenis-jenis jaringan komputer media transmisi data
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jenis-jenis jaringan komputer ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
merupakan salah satu teknologi jaringan yang mampu menghubungkan berbagai perangkat komputer sehingga membentuk sebuah jaringan dengan menggunakan signal-signal frekuensi tertentu untuk saling bertukar informasi dan data, jenis-jenis jaringan komputer ini biasa juga disebut sebagai jaringan nirkabel (jaringan tanpa kab
-. Jenis-jenis jaringan komputer dalam Proses Data
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Peer-to-peer
Pada jenis-jenis jaringan komputer ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
-. Jenis-jenis jaringan komputer WiMax
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
WiMax adalah teknologi tercanggin dan terbaru saat ini (2013), yang merupakan teknologi jaringan masa depan, dimana WiMaX merupakan pengembangan dari Wireless dengan meningkatkan jarak jangkauan dan beberapa kemampuan yang tidak dimiliki pada wileress.

4. Fungsi dari :
-Komputer Server : untuk mengatur serta melayani seluruh komputer client 
-Komputer Client  : sebagai komputer yang meminta layanan (request) kepada server
-Kartu Jaringan : membentuk jaringan local 
-HUB : untuk menghubungkan beberapa komputer agar membentuk sebuah jaringan komputer
-Kabel Jaringan : kabel yang berfungsi untuk menghubungkan komputer sehingga membentuk sebuah jaringan
-Konektor :  tempat penghubung kabel pada komputer 
-Repeater : memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI
-Bridge : memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segment yang lebih kecil.
-Router : mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.

B.Komunikasi Data

5. Bagaimana data dikirimkan melalui sebuah jaringan komputer ?

Ketika kita mengirimkan sebuah data, data tersebut tidak akan langsung muncul di komputer, tetapi akan muncul melalui jaringan-jaringan.

6. Apa yang dimaksud dengan TCP/IP ? Sebutkan dan jelaskan protokol apa saja yang ada di dalamnya !

TCP/IP adalah salah satu perangkat lunak jaringan komputer (networking software) yang terdapat dalam sistem, dan dipergunakan dalam komunikasi data dalam local area network (LAN) maupun Internet.

TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.
TCP/IP saat ini dipergunakan dalam banyak jaringan komputer lokal (LAN) yang terhubung ke Internet, karena memiliki sifat:
  1. Merupakan protokol standar yang terbuka, gratis dan dikembangkan terpisah dari perangkat keras komputer tertentu. Karena itu protokol ini banyak didukung oleh vendor perangkat keras, sehingga TCP/IP merupakan pemersatu perangkat keras komputer yang beragam merk begitu juga sebagai pemersatu berbagai perangkat lunak yang beragam merk sehingga walau memakai perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berlainan, komputer dan komputer lainnya dapat berkomunikasi data melalui Internet.
  2. Berdiri sendiri dari perangkat keras jaringan apapun. Sifat ini memungkinkan TCP/IP bergabung dengan banyak jaringan komputer. TCP/IP bisa beroperasi melalui sebuah Ethernet, sebuah saluran dial-up, dan secara virtual melalui berbagai media fisik transmisi data.
  3. Bisa dijadikan alamat umum sehingga tiap perangkat yang memakai TCP/IP akan memiliki sebuah alamat unik dalam sebuah jaringan komputer lokal, atau dalam jaringan kumputer global seperti Internet. 
7. Apa itu Bandwidth dan BPS ?
7
Bandwidth adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga semakin besar Bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.
Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth digital dan Bandwidth analog. Berikut adalah penjelasan masing - masing Bandwidth tersebut:
  • Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  • Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.
BPS (bit per second) adalah Unit-Unit yang digunakan untuk menguraikan kecepatan data yang dikirim melalui beberapa media komunikasi, diukur dengan bilangan bit-bit yang dikirim selama satu detik.

Sekian informasi tentang Jaringan Komputer dan Komunikasi Data dari kami . Semoga, tugas atau bisa juga disebut dengan informasi dari kami bisa bermanfaat bagi kalian semua !

Salam Simpanse


No comments:

Post a Comment